Jupiter Z 130 CC


ManiakMotor - Kem Honda Karisma yang punya profile gemuk plus templar roller rocker arm kuncian  Jupiter Z ini. Istimewanya lagi, Jupieini korekan Eko Chodox. Semua pelaku drag bike tahulah siapa Mas Chodox. Dia joki papan atas Indonesia soal kebut lurus. Tapi kok catatan motor ini kurang istimewa ya? Hanya 8,693 detik yang dijoki Chodox sendiri?
KEM MUDAH

Kem, head dan piston masih korek harian
Lihat saja hitung-hitungan Chodox from Semarang Jateng ini pada kem Honda Karisma yang katanya enak didesain. “Kemnya dicetak jadi berdurasi 278o. Tidak perlu hati-hati karena ‘daging’ kemnya tebal,” jelas Chodox pada motor milik tim  Moto Tech Peanut Factory asal Purwokerto, Jateng iitu.
Katanya durasi tersebut paling pas. Ya memang pas kan di tempat kem-nya, hehe. Chodox sembari menyuruh  hitung sendiri total durasinya. Caranya harus menambah dan menambah,. Nih yang ditambah-tambah, pertama  siklus 180(proses motor bakar) ditambah waktu membuka 640sebelum TMA, dan ditambah lagi saat menutup 34o sesudah TMA. 
Hasinya  memang 278 derajat tadi. Itulah waktu membuka kem saat lobe atau benjolan kem menonjok klep. Memang belum selama musuh-musuhnya yang bermain di atas 280 derajat. “Ini kan masih tahap awal riset. Masih butuh pengembangan untuk diatur lagi durasi kem membuka dan secepatnya menutup. Yang penting sudah tahu kem Karisma lebih mudah sebagai dasar mencarinya,” alasan Chodox.

Koil YZ

Enteng juga mengatur lift atau angkatan klep. Lift ini diracik bersamaan dengan derajat benjolan kem. Lift dan durasi itu dalam satu gedung, bro. Ah ngaco, itu sih lift angkut manusia turun-naik gedung. Sedang ini lift pada kem atau noken as yang pengertiannya sebenarnya sama dengan lift gedung.
Lift pada benjolan kem dbikin 9 mm untuk masuk dan buang 9,3 mm.  “Untuk sementara overlap 3,6 mm (in) dan 3,4 mm (ex). Semua kerjaan kem ini masih bisa ditingkatkan,” jelas Chodox yang bercerita terus soal riset.
Cuma menurut Chodox yang  agak ribet justru saat pemasangan  kem pada tempatnyaMaklum, noken Karisma yang 'dipaksa' ke Jupiter Z. Sebab kem Karisma harus dibubut dudukan lahernya disesuaikan laher Jupiter. Belum lagi ada spiser agar sama dengan dudukan pada Jupiter.
Kem juga pas dengan rocker arm model templar roller. Katanya rocker arm atau sepatu klep model laher ini pakai merek CLD, harganya cuma  Rp 400 ribu. Kerja kem terbantu pergerakkan sepatu yang lancar dan eces. Kan model sepatu macam ini minim gesekkan.   
Menurut Chodox untuk saat ini karyanya baru setara korek harian. Korek-korekkannya belum ekstrem.“Ya, selain masih terus dikembangkan juga terus belajar meningkatkan lebih tinggi soal mesin 4-tak. Tapi kalau saya yang bawa, juara lima sih masih bisa dikejar, hehe,” kata Chodox yang barusan beli rumah baru di Semarang, hehe juga.
Benar saja, karburator masih pakai stadar Jupiter Z yang direamer sampai 23 mm. Karburator yang sebenaranya banyak digunakan untuk korek harian. Katanya sih dengan spek dari karbu itu, tanda ini motor bisa dikebut pedrag pemula sekaligus. Ardel


DATA MODIFIKASI :
Motor: Jupiter Z
Kelas: Bebek 4 Tak 130 cc Standart
Pembalap: Eko Chodox
Ban depan: FDR 50/90-17
Ban belakang: Mizzle, 60/80-17
Pelek depan: willwood 1.20-17
Pelek belakang: Willwood 1.60-17
Sok depan: Jupiter Z Modif
Sok belakang: YSS
Kompresi: 13,8 : 1
Volume buret: 10 cc
Piston: Izumi 55 mm
Diameter klep: 26/22
Karburator
Busi: Iridium
Koil: YZ 
Rasio: 13/35, 16/28, Standart, Standart
Super SEO Modification Jupiter Z 130 CC By KIMCIL BALAP YK Published: 2013-08-07T00:29:00-07:00 Jupiter Z 130 CC 5 99998 reviews
Silahkan Berkomentar Lewat Akun Facebook Anda Dibawah Ini, Agar Berfungsi atau anda ingin menyimpan halaman ini Terlebih dahulu anda tekan CTRL+D

0 komentar:

Posting Komentar